Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Berita Populer

PENYEMBELIHAN HARUS MEMPERHATIKAN KESEJAHTERAAN HEWAN KURBAN

Gresiknews1,Gresik - Menyembelih hewan kurban sebaiknya memperhatikan kesejahteraaan hewan kurban. Demikian harapan Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan Gresik, Sentot Supriyohadi, Kamis (1/10) dikantornya.

Harapan tersebut terkait dengan telah diadakannya pelatihan penyembelihan hewan kurban yang halal dan Hygienis. Pelatihan tersebut mengikutsertakan sebanyak 30 orang peserta perwakilan dari Takmir Masjid se Kabupaten Gresik. Menurut Sentot pelatihan ini bekerjasama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik dan berlangsung di ruang rapat Subdin Peternakan Gresik seminggu yang lalu.

Tentang materi pelatihan, pihak subdin Peternakan Gresik berupaya agar pelaksanaan hewan kurban berjalan sesuai harapan. yaitu selain mendapatkan daging hewan yang halal sesuai syariat Islam serta hygienis. Selain itu, pada penyembelihan dapat memberi kesejahteraan pada hewan kurban yang disembelih. Kesejahteraan hewan kurban dimaksud adalah penyembelihan sesuai syariat agama Islam.

Pertama hewan yang disembelih tidak dalam keadaan sakit, sehat dan tidak cacat. Usia minimal untuk kambing satu tahun dan sapi 2 tahun keduanya harus poel yang ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. Tentang kesejahteraan hewan dimaksud, menurut kasubdin Peternakan, drh. Nunung Dyah yaitu, sebelum disembelih hewan dirawat dengan baik dengan diberi makan yang cukup.

Tempatkan di tempat senyaman mungkin. Saat menuju penyembelihan hewan dituntun tanpa dipaksa. Penyembelihan harus dengan pisau yang tajam oleh laki-laki muslim yang memang berpengalaman. Ketika akan menguliti hewan kurban yang sudah disembelih, harus keadaan hewan benar-benar telah mati. “Hal ini ditandai dengan pupil mata yang sudah tak bergerak lagi” kata Nunung.

Nunung juga mengingatkan, penyembelihan hewan kurban diusahakan agar menyendiri dan tak terlihat hewan kurban lain yang bakal disembelih. Hal ini akan menimbulkan stress bagi hewan kurban lain yang akan disembelih. “Kita berupaya agar hewan kurban yang dibagikan ke masyarakat Gresik benar-benar ASUH, yaitu aman, sehat, utuh dan halal” pungkasnya. (Tim)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda