AKSI SOLIDARITAS PMII JATIM TUNTUT BEBASKAN 3 AKTIVIS

GRESIK gresiknews1.com - Pada hari Selasa 5 Desember 2017 pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.45 WIB selesai bertempat di Pemkab Gresik Jl. Dr.Wahidin Sudirohusodo no 245 Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik dan Kajari Gresik Jl. Raya Permata no 2 Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik telah dilaksanakan aksi unjuk rasa yg tergabung dalam PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) Jatim diikuti sekitar 300 orang Dipimpin Sdr.Zainudin (Ketua PMII Jatim).

Adapun tuntutan sebagai berikut
1. Bebaskan 3 aktifis pejuang tolak revitalisasi alun-alun gresik.
2. Tolak revitalisasi alun-alun gresik.

Dengan rangkaian kegiatan sebagai berikut
1. Pukul 08.00 WIB Perwakilan massa aksi PMII Jatim berkumpul di kantor CPNU Gresik sambil menunggu massa aksi yang belum datang.

2. Pukul 10.41 WIB Pengarahan oleh Sdr.Haris (Wakil PMII Jatim) yang intinya memberikan penekanan kepada massa aksi agar dalam pelaksanaan aksi jangan sampai melakukan kekerasan dilanjutkan mengucapkan ikrar PMMI.

3. Pukul 10.49 WIB Sambutan dari Akp. Adam (Kasatreskrim Gresik) yang intinya menghimbau kepada massa aksi dalam pelaksanaan aksi jangan sampai melakukan kekerasan seperti kejadian aksi sebelumnya.

4. Pukul 10.55 WIB Massa PMII Jatim meninggalkan kantor PCNU Gresik dan bergerak longmarch menuju kantor Pemkab Gresik.

5. Pukul 11.10 WIB Massa PMII Jatim tiba di Pemkab Gresik selanjutkan merapatkan barisan dan berorasi secara bergantian yang intinya :
a. Meminta Bupati Gresik agar bisa menemui massa aksi untuk melakukan mediasi.
b. Meminta 3 orang aktivis agar dibebaskan tanpa syarat karena mereka memperjuangkan nasib rakyat.
c. Mengecam pemerintahan Kabupaten Gresik yang masih menggunakan pola orde baru.

6. Pukul 11.45 WIB Terjadi insiden antara PMII Unisma dengan massa PMII lainya selanjutnya PMII Unisma memutuskan untuk tidak melanjutkan aksi lagi.

7. Pukul 12.25 WIB Perwakilan 15 orang dari PMII Jatim Dipimpin Sdr.Zaenudin (Ketua PMII Jatim) Bpk.Nuruddin (Kasatpol PP Gresik) dan Bpk.Chaerul Anam (Kakesbangpol Gresik) untuk melaksanakan mediasi yang intinya sebagai berikut :
a. Penyampaian Bpk.Chaerul Anam (Kakesbangpol Gresik) yang intinya bahwa sebelum melakukan revitalisasi pembangunan alun-alun sudah melakukan tahap-tahap dan sudah ada pertemuan kesepakatan dengan perwakilan dari tokoh agama, tokoh masyarakat dan instansi Kabupaten Gresik.
b. Penyampaian Sdr.Ali Sybro (Ketua PMII Gresik) yang intinya menceritakan terkait kronologi kejadian pada aksi sebelumnya sehingga mengakibatkan dampak hukum kepada salah satu anggota dari PMII untuk dijadikan tersangka, mohon kiranya agar pemkab gresik bisa membantu dalam penyelesaian masalah tersebut.
c. Penyampaian Sdr.Zaenudin (Ketua PMII Jatim) yang intinya bahwa aksi tersebut merupakan bentuk aksi solidaritas dari PMII dan meminta kedepan agar bisa berkoordinasi lebih baik lagi dan atas nama dari PMII Jatim meminta agar sahabat mereka bisa dibebaskan tanpa bersyarat.
d. Penyampaian bapak achmad Nuruddin (Kasatpol PP) yang intinya menceritakan terkait kejadian aksi yang anarkis sehingga mengakibatkan adanya anggota SATPOL PP yang mengalami cidera, mungkin kedepan agar kita bisa berkordinasi dengan baik.

8. Pukul 13.15 WIB Mediasi selesai selanjutnya Sdr.Zaenudin (Ketua PMII Jatim) menyampaikan hasil mediasi kepada massa aksi.

9. Pukul 13.30 WIB Perwakilan 15 orang dari PMII Jatim Dpp.Sdr.Zaenudin (Ketua PMII Jatim) bergerak menuju ke Kejari Gresik.

10. Pukul 13.40 WIB Perwakilan massa aksi tiba di kejaksaan dan di Kasi Intel Kejari Gresik dan Bpk.Resa (Kasi Pidum Kajari Gresik) di aula Kejari untuk melaksanakan audensi yang intinya :
a. Penyampaian Bpk.Marjuki (Kasi Intel Kajari Gresik) intinya mengucapkan selamat datang kepada rekan-rekan dari PMII Jatim dan mempersilahkan untuk menyampaikan semua aspirasinya.
b. Penyampaian Sdr.Ali Sybro (Ketua PMII Gresik) yg intinya menanyakan sampai sejauh mana proses hukum kepada ke 3 org aktifis yang sudah dijadikan tersangka.
c. Penyampaian Sdr.Zaenudin (Ketua PMII Jatim) yang intinya kehadiran dari rekan-rekan PMII merupakan bentuk silahturahim dan memberikan dukungan kepada salah satu rekannya atas nama Sdr.Riski yang merupakan salah satu Kader Sekretariat dari kampus Unmu Gresik.
d. Penyampaian Bpk.Resa (Kasi Pidum Kajari Gresik) yang intinya memaparkan terkait permasalahan ke 3 orang sudah masuk ke P 21.

11. Pukul 14.15 WIB Mediasi selesai selanjutnya perwakilan massa PMII kembali ke Pemkab Gresik untuk menemui massa yang stanbay di Pemkab Gresik.

12. Pukul 14.25 WIB Perwakilan massa PMII tiba di Pemkab Gresik selanjutnya Sdr.Zaenudin (Ketua PMII Jatim) menyampaikan hasil audensi kepada massa aksi.

13. Pukul 14.45 WIB Aksi selesai selanjutnya massa membubarkan diri.

Selama kegiatan berjalan dengan tertib dan aman. Aksi tersebut merupakan solidaritas dari PMII Jatim untuk memberikan dukungan kepada 3 orang aktifis yg dijadikan tersangka agar bisa dibebaskan tanpa syarat.


Arifin SZ Team

No comments:

Post a Comment

Kegiatan Sosial Jum,at Berkah Bersama Gresik Ceria Dengan Pembagian Nasi Bungkus.

Gresik,  gresiknews1.com   - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.  Kegiatan atau aksi Sosial Jum,at Berkah yang...