Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah Berguru Smartcity Ke Gresik

GRESIK gresiknews1.com - Prestasi Kabupaten Gresik sebagai Kabupaten smartcity ternyata menarik perhatian Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Untuk itu Pemerintah Kabupaten yang berdiri pada tahun 2002 mengutus 23 orang Pejabat dari Wilayah Teluk Tomini Sulawesi Tengah ini untuk belajar lebih jauh tentang smartcity  di Kabupaten Gresik.   

Rombongan Pejabat Pemkab Parigi Moutong dipimpin Ketua Bapeda Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, Moch. Irfan. Mereka diterima oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Indah Sofiana didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Suyono beserta pejabat yang lain di Ruang Rapat Bupati Gresik Lantai IV, Kamis (14/12/2017).

Beberapa hal ditanyakan mulai dari sector pariwisata, industry, perdagangan, manajemen kepegawaian dan keuangan serta berbagai keunggulan Pemkab Gresik dalam mendukung smartcity. Bahkan penanganan limbah industry juga ditanyakan dari Pemerintah Kabupaten yang berada di Pulau Celebes ini.

Satu persatu Indah Sofiana, Asisten I yang dibantu oleh beberapa pejabat yang lain berusaha menjawab dan menjelaskan pertanyaan dari Pemkab Parigi Moutong.

Terkait pelaksanaan Smartcity, Kepala Bidang Pengembangan E- Government Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Gresik, Fahry Ady Yamin menjelaskan, Pemkab Gresik mulai membangun jaringan sejak tahun 2004 diawali di Bapeda. Kemudian pada tahun 2009, pengelolaan jaringan ada di Bagian PDTI Setda Gresik.

"Kami mulai membangun kabel Fiber Optic (FO) pada 2010 untuk dilingkungan kantor Bupati Gresik. Untuk melayani jaringan Kecamatan kami menggunakan wireless. Kemudian pada 2012 kabel FO kami kembangkan sampai sejauh 5 kilometer. Pada 2013 kami mulai mengkoneksikan seluruh OPD. Pada 2015 kami berhasil mengkoneksikan Dinas Perhubungan Gresik sebelah barat dan Dinas Kependudukan sebelah timur" tandas Fahri.


ARZ Team

No comments:

Post a Comment

CARUT MARUT ARMADA ANGKUTAN EXPEDISI DI JALAN SIDOTOPO KIDUL SURABAYA

Surabaya,  gresiknews1.com  - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.  Semrawutnya armada angkutan expedisi yang a...