Direktur Krindomemo Angkat Bicara , Laporkan Ke Polisi Akun Facebook JOeli Lie Lio Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

Gresik, gresiknews1.com  - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap . 


Direktur media Online dan cetak Krindomemo.com dan Harian Memo, resmi melaporkan pemilik akun media sosial Facebook JOeli Lie Lio atas Dugaan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian ke Polres Gresik. Kamis (19/08/21).

Laporan pengaduan Direktur Krindomemo.com dan Harian Memo, Syamsul Arief tersebut telah diterima oleh Kasium Polres Gresik, Nurfatma, dengan Laporan Polisi Nomor: 01/DBY/08/21/ 19/08/21. Pada pukul 11.15 WIB.



Direktur Krindomemo.com dan Harian Memo, Syamsul Arief mengatakan, bahwa pihaknya telah resmi melaporkan pemilik Akun Facebook Facebook JOeli Lie Lio atas Dugaan Pencemaran nama baik dan ujaran kebencian. Dengan menggunggah sebuah foto dirinya saat bersama anggota Polisi dan satu orang pekerja kontraktual ke dalam media sosial Facebook dengan menuliskan kata-kata tuduhan menyebut bahwa Pimpred redaksi (Syamsul Arief) bertindak arogan kepada masyarakat.

“Bukan hanya itu, dalam Akun Facebook JOeli Lie Lio juga menuliskan kata-kata yang Diduga mencemarkan nama baik Saya, dengan menyebut bahwa Saya merupakan dalang dari semua kegiatan di wilayah Gresik dengan mencari kesalahan orang lain untuk dijadikan pemberitaan di koran,” ujarnya.



Lanjut Syamsul Arief, mengungkapkan, bahwa apa yang sudah dilakukan oleh pemilik akun Facebook yang bernama JOeli Lie Lio tersebut Diduga sudah melanggar Pasal 310 KUHP, menyerang kehormatan atau nama baik seseorang dengan menuduhkan sesuatu hal, yang maksudnya terang supaya hal itu diketahui umum.

“Hal ini termasuk dalam bentuk tulisan dan gambaran yang disiarkan, dipertunjukkan, dan ditempel di muka umum. Yang dijelaskan pada Pasal 311 sampai 318 KUHP, antara lain melakukan pemfitnahan karena tidak dapat membuktikan kebenarannya, penghinaan ringan secara sengaja, melakukan pengaduan atau pemberitahuan palsu kepada penguasa, dan melakukan persangkaan palsu yang merugikan korban. Serta, sesuai dengan Pasal 320 dan 321 KUHP, orang yang sudah meninggal masih dapat melaporkan yang diwakili oleh keluarganya," jelasnya.

Pasal-pasal KUHP tersebut menjadi rujukan definisi atas pencemaran nama baik bagi UU ITE Pasal 27 ayat (3). Pasal ini berbunyi, “Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik.”



Berdasarkan bunyi pasal tersebut, pelaku dapat dijatuhi pidana paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).


"Adapun bunyi Pasal 45 ayat (3), Setiap Orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah)," papar Syamsul.

Lebih lanjut Syamsul menegaskan, bagi kasus pencemaran nama baik dan merugikan orang lain diatur dalam UU ITE Pasal 36 yang berbunyi, "Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 sampai dengan Pasal 34 yang mengakibatkan kerugian bagi Orang lain.”

"Serta, terdakwa yang terjerat pasal ini akan memperoleh pidana penjara paling lama 12 (dua belas) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 12.000.000.000,00 (dua belas miliar rupiah) sesuai dengan Pasal 51. Jadi, ujaran kebencian pun harus jelas pasalnya," tandas Syamsul. 


Syamsul Arif ( Direktur Kridomemo ) saat di konfirmasi oleh Direktur infojatim.com - gresiknews1.com lewat selulernya Kamis ( 19/8/2021 ) pukul  20.15  wib mengatakan terkait pemberitaan tersebut  di atas  pelaku  di bantu dari oknum media , syamsul Arief tetap mengambil langkah langkah lanjut didampingi kuasa hukumnya sambil menunggu proses perkembangan lanjut ( bersambung ) .



Sumber Berita : Partner Mitra Media
Pendiri Penangung Jawab Redaksi 
infojatim.com - gresiknews1.com : Arifin S, Zakaria

No comments:

Post a Comment

Sekjen Larm-Gak Dan Hippma, Mendukung Penuh Langkah Pemkot Surabaya Untuk Menindak Tegas RHU Nakal

Surabaya,  gresiknews1.com  - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap  Satpol PP Surabaya mengeluarkan surat edaran...