BPD Kabupaten Gresik Dan Abpednas Gresik Diminta Saling Bersinergi, Karena Dua BPD Ini Satu Payung

Gresik, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 


Perkumpulan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Gresik melaksanakan kegiatan Rapat Kerja (Raker) dan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi anggota bertempat di Hotel Purnama Batu selama dua hari, Sabtu-Minggu,18-19 September 2021.

Bupati Gresik, Fandi Ahmad Yani yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan harapan besar dari BPD untuk turut mendukung Desa masing-masing untuk membangun Gresik baru yang lebih baik.


“BPD mempunyai peran penting dalam pemerintahan tingkat Desa, saya berharap BPD bisa bersinergi dengan desa sehingga program pemerintah yang ada di tingkat desa bisa berjalan dengan baik dengan dukungan penuh BPD,” ujar Gus Yani sapaan akrabnya.

Gus Yani juga berharap semua anggota BPD ini kompak sehingga tidak ada benturan di desa terkait adanya perkumpulan BPD.

Selain itu, Gus Yani juga menekankan agar BPD dan Desa bersama-sama dalam perbaikan data guna keberlangsungan pembangunab di desa.

“Kita bisa mengatasi kemiskinan di tingkat desa itu juga karena berpatokan dengan data. Segala aspek pembangunan di desa juga berdasar pada data. Untuk itu mulai saat ini data-data yang ada di desa harus dibenahi dan ditata dengan baik,” pungkas Gus Yani.


Selain membuka raker, Gus Yani juga di dapuk menjadi nara sumber dan  memberikan materi tentang ‘membangun Gresik baru dan kebijakan pemerintah daerah’ yang disampaikan dihadapan peserta bimtek.

Setelah paparan Gus Yani memberikan kesempatan kepada peserta untuk berdialog panjang lebar terkait kebijakan pemerintah daerah saat ini.

Selain Gus Yani, narasumber lain diantaranya Edy Hadisiswoyo yang memberi materi tentang peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam pengawasan pembangunan tingkat desa, terlihat juga Kepala dinas PMD Malahatul Farda yang memaparkan tentang pembinaan dan pemberdayaan fungsi dan tugas BPD.

Selain itu, hadir juga Kepala dinas KBPP dr Ghozali yang memberikan materi tentang pemberdayan perempuan dan anak di tingkat Desa dan Ketua AKD Nurul Yatim yang memberikan pemaparan tentang membangun sinergitas dalam pemerintahan desa.

Kegiatan raker dan Bimtek perkumpulan BPD Gresik di tutup oleh Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah pada Minggu (19/9/2021). Dalam sambutan penutupan Bu Min, panggilan akrabnya meminta BPD membantu mewujudkan program pemerintah daerah dalam dukungan pada pemerintah desa.


“Pemerintah daerah memiliki beberapa program yang harus disukseskan, dengan kekompakan BPD ini semoga turut mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah melalui pemerintahan di tingkat desa” ujar Bu Min, Minggu (19/9/2021).

Sementara itu Suyanto, Ketua Perkumpulan BPD kabupaten Gresik mengatakan Kegiatan ini bimtek pengurus diharapkan dapat memberikan pengarahan ke desa desa.

“Dari rapat kerja akan dilaksanakan bimtek tiap tahun dan Dari usulan ke Bupati untuk mendapatkan honor, tunjangan, BPJS dll. Pemerintah juga akan Melibatkan BPD dalam setiap kebijakan yang ada di tingkat desa,” ungkapnya.*

Sedangkan dalam kegiatan tersebut Kesbangpol sebagai Badan Pemantau organisasi,  Lsm,  juga media sesuai tugas dan Fungsinya tidak mendapatkan undangan dalam perkumpulan BPD dalam kegiatan Raker dan Bimtek yang diselenggarakan di Hotel Purnama Batu Malang, Minggu (19/9/2021). 

Disisi lain kita singgung masalah ABPEDNAS juga merupakan salah satu wadah berkumpul dan berserikat para anggota BPD dalam meningkatkan peran dan Fungsi Badan Permusyawaratan Desa ( BPD)  sesuai dengan amanah Undang Undang Desa No.6 tahun 2014 Asosiasi ini struktur mulai level Nasional, Provinsi, Kabupaten /kota hingga tingkat Kecamatan. 


Keberadaan ABPEDNAS di Provinsi Jatim sendiri berdiri sejak tahun 2018, DPD ABPEDNAS Provinsi Jawa timur menjadi induk organisasi DPC DPC ABPEDNAS se Provinsi Jawa Timur. Hingga kini DPD ABPEDNAS Provinsi telah mampu membentuk 15 DPC ABPEDNAS di kabupaten /kota di seluruh Jawa timur ke depannya akan didorong pendirian ABPEDNAS di kabupaten / kota lain. 

Diantaranya Abpednas kabupaten Gresik yang sudah terbentuk untuk struktur organisasi tersebut dapat dikenal oleh masyarakat dan pemangku kepentingan se - kabupaten Gresik. 

Salah satu Rakerda DPC ABPEDNAS kabupaten Gresik yang diselenggarakan di Desa Ngabetan Kecamatan Cerme Kab Gresik pada ( 17/9/2021 ) Merupakan bentuk keharmonisan antara kades, BPD,  dalam pembangunan desa untuk mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional di tingkat desa dengan Musrenbang ( Musyawarah perencanaan pembangunan)  RKPDes TA 2022 dan DU ( Daftar Usulan)  untuk TA 2023 untuk mewujudkan perencanaan dalam pembangunan desa karena hubungan yang harmonis, kompak dan guyub perencanaan dalam membangunan desa berjalan dengan baik, " Tandasnya, ". 


Dalam agenda BPD kabupaten Gresik di bawah kepemimpinan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani untuk Gresik perubahan baru,  melaksanakan kegiatan Rapat Kerja ( Raker)  dan Bimbingan Teknis ( Bimtek)  di Hotel Purnama Batu Malang ( 18,19 September 2021, juga terpantau langsung oleh Arifin S, Zakaria dari redaksi infojatim.com - gresiknews1.com, Sabtu ( 18/9/2021) . 

Harapan kita BPD kabupaten Gresik dan Abpednas yang sudah terbentuk  di kabupaten Gresik khususnya  Abpednas Kabupaten Gresik yang  berbentuk Badan hukum dan secara legalitasnya  sudah jelas, karena organisasi ini merupakan "  DUA KUBU BPD DALAM SATU PAYUNG "  dapat bersinergi  jangan sampai terjadi berpecah belah,  dan dapat untuk mewujudkan perencanaan dalam pembangunan dan monitoring pemerintahan desa khususnya di kabupaten Gresik. 
Hingga berita ini diturunkan Selasa ( 21/9/2021). 



Penulis: Arifin S, Zakaria 
Pendiri Penanggung Jawab Redaksi

No comments:

Post a Comment

BUPATI GRESIK LANTIK 402 PEJABAT GRESIK DAN LEBUR SEJUMLAH OPD.

Gresik,  gresiknews1.com  - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.  Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) k...