KUNKER MENTERI ESDM RI DALAM RANGKA PENINJAUAN DAMPAK ERUPSI GUNUNGAPI SEMERU DI WILAYAH KABUPATEN LUMAJANG.

Lumajang, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap 

Kunjungan Kerja Menteri ESDM RI Arifin Tasrif  beserta rombongan dalam rangka peninjauan dampak Gunung Merapi Semeru yang bertempat di Kantor KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Merapi Semeru di pos pantau Gunung Sawur Dsn Poncokusumo Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro kab Lumajang Jatim, pada  hari Jumat tanggal 17 Desember 2021 pukul 10.25 s/d 14.25 wib. 

Adapun Daftar rombongan antara lain  ; 
1. Menteri ESDM Republik Indonesia Bpk. Arifin Tasrif 
2. Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM RI Bpk. Eko Lelono
3. Kapus Vulkanologi Kementerian ESDM RI Ibu Andiyani
4. Direktur Teknik dan Lingkungan Minerba Kementerian ESDM RI Ibu Lana Saria
5. Kepala Dinas ESDM Prov Jatim Bpk. Nur Cholis 
6. Wakil Bupati Lumajang, Ir. Hj. Indah Amperawati, M.Si. 
7. Kabag TU & Protokol Kementerian ESDM RI Bpk. Adityo
8. Corporate Sceretary PT. Pertamina, Bpk. Brahmantya Purwadi 
9. Manager CSR PT. Pertamina, Ibu Dian Hapsari 
10. EDM PT. Pertamina Region Jatim & BaliNus, Bpk. Deny Jukardi 
11. EVP HSSE PLN, Bpk. Komang Parmita 
12. VP Link PLN, Ajrun Karim 
13. Pj. K3L PLN Jatim, Fery Asmoro 
14. Kalaksa BPBD Kab. Lumajang, Indra Wibowo Leksana, S.Sos., M.M.
15. Manager Unit Tempeh PLN Jatim, Yossy Irawan 
16. Kepala PVMBG Pos Pantau GN. Semeru Lumajang, Mukdas Sofyan, Amd


Selanjutnya Menteri ESDM RI Arifin Tasrif beserta rombongan tiba di Kantor dinas KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Semeru gunung Sawur Dsn. Poncokusumo Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Menteri ESDM RI Arifin Tasrip beserta rombongan melaksanakan peninjauan pos pantau gunung Sawur  Dsn. Poncokusumo Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang diterima oleh a. Ir. Indah Amperawati (Wakil Bupati Lumajang)


Dan  Kalaksa BPBD Kab. Lumajang (Indra Wibowo Leksana, S.Sos, MM) juga Mukdas Sofyan, Amd ( 
kepala pos pantau) 

Menteri ESDM RI  Arifin Tasrip beserta rombongan melaksanakan koordinasi terkait aktifitas gunungapi Semeru dan meninjau ruang monitoring gunungapi Semeru.

Apa yang disampaikan oleh Menteri ESDM RI  Arifin Tasrif  memang sudah ada indikasi peningkatan aktifitas gunungapi Semeru, dan adanya tumpahan lahar sehingga naik dari level 2 (Waspada) menjadi level 3 (Siaga), " Ungkap  Menteri ESDM, ". 


Sehingga karakter gunungapi Semeru adalah gunung berapi komposit atau stratovulkan, ialah pegunungan (gunung berapi) yang tinggi dan mengerucut yang terdiri atas lava dan abu vulkanik yang mengeras.

Yang mengakibatkan dari guguran pada hari Sabtu tanggal 4 Desember 2021, terpantau sekitar 8 juta meter kubik pasir turun dari puncak menuju aliran besuk Kobok'an sehingga menyumbat aliran sungai, jalur sungai dipakai sebagai saluran lahar,  apabila terjadi lahar dingin dan tersumbat maka akan meluas ke area samping kanan kiri aliran. 


Dihimbau agar masyarakat tidak melaksanakan aktifitas diseputaran aliran besuk kobok'an karena wilayah guguran terdampak besuk kobok an  berjarak 11 Km dari puncak, saat ini telah terlampaui 5 km menjadi jarak 16 KM, sehingga menjadi perhatian kita bersama dalam pemetaan terbaru KRB (Kawasan Rawan Bencana), " Ungkapnya, " 

Waspada, Early warning masih dilaksanakan sampai dengan saat ini mekanisme tetap melalui group WA sebab ini masih menjadi early warning paling cepat.


Aktifitas gunungapi semeru belum dapat diprediksi, bisa naik ataupun turun belum ada alat yang dapat mendeteksi akan terjadinya letusan, sehingga menjadi perhatian bersama pengamanan wilayah- wil KRB (Kawasan Rawan Bencana) membatasi kegiatan kegiatan masyarakat disekitar lereng gunungapi semeru.

Kami akan melengkapi kembali alat alat untuk deteksi early warning diantaranya adalah pemesangan thermal kamera di besuk kobok an,apabila ada luncuran APG dapat diketahui sejak awal meskipun visul tertutup Kabut.


Dan Kami juga akan mengupgread sistem untuk lebih dapat mempermudah dalam memantau potensi aktifitas gunungapi Semeru.

Sensor dan CCTV akan dipasang pada tempat tempat yang baru sesuai dengan pemetaan terbaru dan juga menerima laporan bahwa alat sensor seismograf yang terdapat di atas gunungapi Semeru masih menggunakan alat analog dan di Pos pantau PVMBG sawur sudah Digital, maka dari itu akan kami tambah serta upgread alat sehingga memepermudah dalam pemantauan aktifitas gunungapi Semeru," Harapannya, ". 

Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati  menyampaikan memohon kepada  menteri ESDM RI agar alat alat  pemantau aktifitas gunungapi Semeru diupgread dan memodernisasi  agar unit kamera Thermal ditambah.

Sedangkan Alat sensor seismograf yang terdapat di puncak gunungapi Semeru hanya terdapat ada 4 unit dan itupun sudah lama belum ada pembaruan, rencana dekat akan dipasang CCTV dibeberapa tempat untuk dapat memantau kegiatan masyarakat diseputaran lereng gunungapi semeru serta aktifitas gunungapi Semeru " Ucapnya, "

Kami telah meminta pemasangan alat sirine, sebab munculnya APG tidak dapat ditebak tetapi tetap ada gejala gejala yang akan terjadi, sehingga masyarakat dapat waspada sebab bila himbauan hanya lewat WA (Whatssapp) Group tidak dapat berjalan dengan maksimal, " Imbuhnya, " 


Apabila ada alat sirine dibeberapa tempat KRB (Kawasan Rawan Bencana) maka untuk himbauan kepada masyarakat menjadi lebih maksimal, tempat 
relokasi terdapat di Sumber mujur dan oro2 ombo, jumlah masih dalam pendataan 1-2 hari data sudah lengkap.

Adanya penolakan dari masyarakat terdampak bahwa lokasi yang akan menjadi tempat relokasi adalah tempat yang tidak aman, Kami menjamin bahwa tempat yang telah disediakan adalah tempat paling aman sesuai dengan data peta KRB terbaru, tetapi akan tetap diedukasi masyarakat.

Sementara itu Menteri ESDM RI Arifin Tasrip beserta rombongan melaksanakan peninjauan lokasi terdampak di dusun Kajar Kuning Kec. Candipuro, meninjau pengungsi dan anak anak di pengungsian Posko ESDM siaga bencana semeru hutan bambu desa Sumbermujur  Kec.Candipuro dan Desa Penanggal dilanjutkan melaksanakan dialogis dengan pengungsi, " Ujar Menteri ESDM, ". 

Setelah melaksanakan  Kunker dalam peninjauan dampak Erupsi Gunung Semeru di Wilayah kabupaten Lumajang Menteri ESDM RI  Arifin Tasrif beserta rombongan kembali menuju surabaya. ( Ari Az ) . 



Pendiri Penangung Jawab Redaksi
Arifin S.Zakaria

No comments:

Post a Comment

BUPATI GRESIK LANTIK 402 PEJABAT GRESIK DAN LEBUR SEJUMLAH OPD.

Gresik,  gresiknews1.com  - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.  Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) k...