Menjelang Pilkades Sekarkurung Kebomas Kab Gresik , Sekdes Tutik Islamiyah Diiduga Ambil Alih Kewenangan .

GRESIK , gresiknews1.com – Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap . 

Menjelang Pilkades Sekarkurung Kebomas, Sekdes Tutik Islamiyah diduga ambil alih kewenangan Badan Permusyawarata Desa (BPD) serta Pj Kades.

Sebagai informasi, rapat Musdes penetapan keluarga penerima manfaat Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Sekarkurung Kecamatan Kebomas terpaksa dibatalkan, Sabtu (29/1/21) malam karena cacat administrator.

Pengurus BPD setempat memprotes undangan Musdes yang ditanda tangani oleh Sekretaris Desa, Tutik Islamiyati atas nama Kades tanpa seijin Pj Kepala Desa Sekarkurung Kec Kebomas Kab Gresik M Ali Taufiq.

Protes itu bermula saat undangan Musdes yang dikirim secara mendadak ternyata melanggar Permendes Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) No 16 Tahun 2019 Bab II pasal 6 ayat 3 dan Perda Kabupaten Gresik nomer 12 tahun 2018 pasal 32 huruf (f).

"Undangan itu ilegal karena ada dua kekeliruan serius. Musdes itu kewenangan BPD tetapi yang mengundang pemdes. Lalu sekdes kok nekat tanda tangan atas nama Pj Kades tanpa diketahui Pj Kades," beber sukatman, pengurus BPD saat dihubungi via seluler, Minggu (30/1/21) 


Tak hanya sukatman, perwakilan warga, Rochim mensinyalir Musdes yang diselenggarakan secara mendadak tanpa sepengetahuan Pj Kades itu justru bernuansa politis. Apalagi saat dihubungi via telepon, Pj Kades mengaku tidak tahu-menahu perihal Musdes tersebut


"Ini mau pilkades, jadi tolong jangan aneh-aneh. Kalau ada temuan melanggar aturan yang berlaku, berarti ada hal yang dipaksakan. Jadi wajar kalau kami curiga. Lucunya lagi, Pak Taufiq selaku Pj Kades Sekarkurung malah tidak tahu jika kemarin malam ada kegiatan musdes penetapan penerima BLT. Bahkan Pj Kades sempat disebut sakit, padahal malam itu kami hubungi beliau sehat," ujar Rochim ketua RW Perum Alam Bukit Mas (ABM).

Parahnya lagi Ketua BPD Sekarkurung, Lutfi Rahman, sambung Rochim, dia seharusnya paham terkait aturan tersebut telah menjadi kewenangannya. Tapi dia justru diprotes oleh anggotanya sendiri karena kewenangannya diambil alih Sekdes.


"Yang mengherankan lagi ini ketua BPD kok tidak berupaya membenarkan proses yang salah. Ini kan aneh, masak musdes yang jadi kewenangan BPD diambil alih sekdes yang mengatasnamakan Pj Kades kok ketua BPD diam saja. Kewenangan diambil orang kok diam saja," ungkapnya. 

Setelah diprotes Anggotanya dan perwakilan Warga, Lutfi Rahman selaku pimpinan rapat Musdes meminta maaf sekaligus membatalkan Musdes mendadak tersebut untuk dijadwalkan ulang. 

"Mohon maaf kita jadwalkan ulang. Monggo kapan pelaksanaanya mari kita sepakati," ujarnya.


Sementara Sekdes Sekarkurung, Tutik Islamiyah, saat rapat berdalih bahwa dirinya dan Pj Kades sama-sama sibuk. Sehingga dirinya dan Pj Kades tidak selalu bertemu karena kesibukan yang dipegang masing-masing.

"Mohon maaf, ini karena kesibukan kami sehingga hanya berkomunikasi melalui telpon. Dan tanda tangan sudah ini sepengetahuan Pj Kades," terang Tutik dengan nada memelas.

Sebelumnya, penerima BLT yang akan ditetapkan melalui musdes ada sebanyak 114 penerima masing-masing senilai Rp300 ribu dari anggaran APBDes 2022. 

Sementara itu Arifin S,Zakaria Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com ,gresiknews1.com mengatakan anehnya undangan Musdes yang secara mendadak tersebut kok berani beraninya Sekretaris Desa Tutik Islamiyati tanda tangan dengan atas nama Kades tanpa seijin Pj Kepala Desa Sekarkurung kec kebomas kab Gresik M.Ali Taufik , dalam arti Sekdes di duga melampaui batas wewenang pimpinan.



Namun karena proses penyelenggaraannya cacat administrasi dan melanggar hukum akhirnya ditunda karena Sekdes ambil alih kewenangan BPD menjelang Pilkades Sekarkurung. 
Hingga berita ini di unggah Senin , ( 31/1/2022 ) .



Sumber Berita :  Partner mitra 
Pendiri Penanggung Jawab Redaksi
Arifin S,Zakaria

No comments:

Post a Comment

Memperingati Harkitnas, Gubernur Jatim Pimpin Ziarah Ke Makam DR. Soetomo, Khofifah ingatkan 3 Pedoman Kepada Warga Jatim

Surabaya, gresiknews1.com -  Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa...