RAPAT KOORDINASI PENGENDALIAN COVID - 19 DAN PENANGANAN KEDATANGAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) DI JATIM*

Surabaya, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 

Telah dilaksanakan giat rapat koordinasi pengendalian covid - 19 dan penanganan kedatangan Pekerja Imigran Indonesia ( PMI )   di Wilayah Jatim,  Senin ( 24/01/2022)  pukul 14.30 WIB s.d selesai. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Dra.  Khofifah Indar Parawangsa, M.Si (Gubernur Jatim. .Emil E Dardak (Wagub Jatim) , Mayjen. TNI Nurcahyonto M.Sc (Pangdam V/Brawijaya) ,  Irjen. Pol. Nico Afinta, SH. SIK. MH. (Kapolda Jatim),  Laksda TNI Dr, Iwan Isnurwanto ( Pangkoarmada II.), dan sejumlah pejabat yang  terkait. 


Selanjutnya Ketua gugus Covid - 19 dari jatim  Prof Dr. Joni menyampaikan bahwa untuk pertama kali di Afrika varian omicron tidak ada perbedaan gejala lain namun ada beberapa mutasi protein yang ada sesaknya  yang penting kita ketahui, yang penting nomor 1 adalah akibat mutasi itu menurunkan respon imun tubuh sehingga orang-orang Yang Sudah diuji vaksinasi pun bisa terpapar. " Pungkasnya, " 

Kemudian ada beberapa mutasi protein ini mengakibatkan dan penularannya lebih cepat daripada yang lain ada satu sel tubuh yang sangat penting sebagai pertahanan kita yang disebut dengan s berkurang responnya banyak orang yang seperti vaksinasi masih bisa terpapar. 

Adapun pertama kali ditemukan mudah mengambil napas sakit kepala, nyeri seperti biasa dan ada beberapa pasien namun yang membedakan dengan Delta dan Emicron

Sehingga Paling banyak variasi kami ambil dari beberapa literatur bermacam-macam ada di Amerika dengan isolasi isolasi Mandiri di Australia sebagian besar sebagian jaringan Beberapa pasien yang sudah divaksin. 

Maka perlu kita tetap berpegang pada Protokol kesehatan tetap menjadi dasar ini yang menjadi perhatian memberikan arahan kepada kita strategi dari Kementerian Kesehatan yang ringan dan tanpa gejala itu bisa menjadi pilihan kita tahu isolasi Mandiri dengan Mandiri sehingga isolasi terpusat akhirnya kita menerapkan kebijakan. 

Dari dr. Windu Purnomo (Unair) juga menyampaikan bahwa 
 Slotnya tidak setajam Delta  situasi di Jawa Timur Indonesia terbaik  dari 8 indikator masing-masing daerah kabupaten kota Provinsi. 

Dinilai dari bagaimana kondisi  penularan di komunitasnya kemudian respon dan cakupan masing-masing Jawa Timur level 1, Varian Emicron di Jatim rata rata sudah ada yang kena dan vaksin harus lengkap dan lakukan prokes.

Tengah Jawa Timur Bali Nusa Tenggara Timur wilayah proklamasi s
ecara keseluruhan serta sebagian besar wilayah pulau Kalimantan meliputi Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan untuk di wilayah Jawa Timur memiliki 1 Pangkalan utama yang ada di Surabaya. 

Pangkalan angkatan laut yang ada di Madura kemudian Banyuwangi dan juga ada di Malang tetapi selain itu juga di Jawa Timur ada beberapa personil yang di jajarannya adalah mulai dari puspenerbal kodiklatal kemudian Rumah Sakit Ramelan Surabaya ada ada psikologi ada pasmar2 demikian banyak kami ada di Surabaya untuk bisa melaksanakan tugas-tugas yang menjadi tugas kita bersama, "  Imbuhnya , " 

Dalam hal ini juga apa yang disampaikan oleh Dr. Mochamad Dhofil, SH. MH. (Kajati Prov. Jatim)yang untuk kasus varian omicron kita harus waspada karena varian ini sudah masuk di Jawa timur dengan kematian 1 orang yang telah melaksanakan perjalanan dari luar negeri dan memiliki komerbid,kita harus menghindari kerumunan tetap menjaga protokol kesehatan ,tidak melaksanakan perjalanan ke luar negeri kita juga melaksanakan vaksinasi booster yang sementara ini sudah di laksanakan

Bahwa kita prediksi untuk peningkatan omicron di bln februari dan maret kita tetap waspada jangan jumawa,kita pastikan diri kita tidak menularkan covid 19 atau tertular dari penyebaran covid -19 dengan tidak berkerumun tetap memakai masker dan cuci tangan. 

Untuk Penularan varian omicron di jawa timur masih rendah di bandingkan di jakarta yang nilai penularan omicron sampai kurang lebih 1200 orang,kita tetap berpegangan dengan 3 T( testing,tracking dan treatment), " Ujarnya, " 

Bahwa kita tahu juga ada surat edaran dari Menkes yang di tujukan kepada gubernur dan walikota tentang penanganan kasus Omicron sedang dan berat untuk di rawat di Rumah sakit dan untuk kasus omicron dilaksanakan dengan isolasi mandiri.

Terkait tentang penanganan kepulangan PMI kita harus mempunyai strategi untuk penyebaran omicron dengan tetap melakukan penguatan dengan menjaga pintu masuk datangnya PMI dari luar negeri.

Tetap mewaspadai Hari raya Imlek dan Hari raya Idul Fitri yang memerlukan perhatian dari kita karena hari raya tersebut di takutkan banyak berkumpul dengan keluarga yang mudah penyebarannya covid - 19 jenis varian Omicron.

Kapolda Jatim  Irjen. Pol. Nico Afinta, SH. SIK. MH. dalam menyampaikan untuk menyelesaikan  persoalan membutuhkan ilmu pengetahuan dan membutuhkan komunikasi dan koordinasi Sedangkan ilmu pengetahuan didapatkan dari pendidikan dan pengalaman pendidikan, " Ucapnya, ". 

Kemudian yang menjadikan  landasan kita dalam penanganan tentunya para bupati Walikota juga punya ilmu pengetahuan dan juga punya ilmu pengetahuan dalam komunikasi dan koordinasi seberapa banyak dan seberapa sering kita berkomunikasi Maka itulah parameter dari pada penyelesaian persoalan pertanyaannya ada dalam diri kita masing-masing. 

Dari beberapa upaya Polda Jatim dan Polres jajaran apa yang kami buat disini juga melandasi apa yang saya sampaikan tadi propindo dan tetap jernih Pematang misi racing testing. 

Perintah Kapolri untuk menyiapkan vaksinasi prioritaskan anakanak remaja vaksin boster 

Mari kita bersinergi dengan para bupati dan walikota dengan gandum dengan lain Ayo kita laksanakan terus-menerus vaksinasi untuk menjaga imun tubuh kita. 

Akan ditingkatkan lagi para Kapolres melaksanakan lagi dan  mempercepat penyeraan Vaksin sini bentuk Satgas diantaranya yang paling terakhir Kemarin  kedatangan 129 PMI.  

Seluruh personil kami sampai ke tingkat jajaran paling bawah bisanya Babinsa yang berkolaborasi dengan kawan-kawan bhabinkamtibmas. 

Seluruh fasilitas yang ada rumah sakit, rumah sakit yang kami miliki yang cukup banyak di Jawa Timur sudah cek. 
untuk mengantisipasi dan merupakan puncaknya,  Maka insya Allah kami siap untuk membantu melakukan langkah-langkah pencegahan, " Tandasnya, " 

Bersama Kapolda di jajaran instansi terkait dan pada hari Sabtu kemarin sesuai jadwal tanggal 22 Januari kedatangan PMI jumlahnya 129 orang untuk kembali ke daerah masing-masing sementara kembali ke daerah masing-masing memang tidak dianggarkan oleh pemerintah pusat dalam itu adalah BNPB. 

Penanganan Pekerja Migran Indonesia ( PMI )  sebelumnya jadi mohon dengan sangat kepala daerah untuk membantu orang tidak menjemput saudara-saudara kita yang sekarang aja di karantina di Wisma Asrama Haji Jadi kalau saja yang sekarang di karantina yang berasal dari Kota Kabupaten Kediri Pasuruan Bangkalan Sampang Pamekasan Lamongan Sumenep Lumajang Malang Gresik Jember Banyuwangi Surabaya dan Probolinggo. 


Gubernur Jatim  Dra.  Khofifah Indar Parawangsa, M.Si  juga menyampaikan bahwa sudah mau masuk Reee! tadi prediksi-prediksi dari profindo mungkin sementara yang terkonfirmasi omicron, 
Kita tidak boleh under estimate karena kalau puncaknya itu tanggal 22 Maret semula kan katanya pertengahan Februari tanggal 2 April sudah masuk 1 Romadhon maka Kepada yang terhormat para Dandim pada Kapolres dan Kondisinya seperti yang sudah disampaikan oleh para narasumber sebelumnya tingkat mobilitasnya seperti ini PTM. 

Sebagian besar kabupaten kota juga sudah menyelenggarakan pasar-pasar tempat-tempat wisata Hotel Minggu lalu saya ke Malang hotel-hotel tertentu itu artinya bahwa memang mobilitas ini sudah makin tinggi dan tentu koneksitas di antara 1 provinsi dengan provinsi yang lain tidak bisa lagi di bendung

Para bupati Walikota ini adalah dari Kemenkes khawatir Saya memang belum di Insert di Cilacap khawatirnya tidak diinput karena tidak diinput maka penampakannya jadi seperti ini terutama yang dibawah 15 mohon Kepala Dinas Kesehatan dan kalau dulu dibawa dibantu oleh bhabinkamtibmas kami mohon untuk bisa dibangun penguatan kembali karena saya tidak yakin ada yang 0,00 adalah 0,00 ini tidak diinput Jadi mohon kita bersama-sama menguatkan kembali tekad kita untuk bisa membangun sinergitas dan kolaborasi yang Solid yang dulu ada proses flashing yang dilakukan terutama di Lini paling bawah Babinsa Kamtibmas bidan desa kepala desa dan Lurah ini menjadi peran penting untuk kita bangun komitmen kembali bahwa hari ini kita tidak boleh lengah karena kami yang 0,00 itu bukan itu tapi tidak diinput , " Ungkapnya, "'

Para bupati Walikota ini secara kontinyu mengingatkan kepada dinas kesehatan kabupaten kota akan melanjutkan kepada tim teknis yang mendapatkan penugasan memastikan bahwa hasil itu diinput

Program program akselerasi program akselerasi ini menjadi penting jadi kalau misalnya semula itu diprediksi bahwa puncak dari kasus ini di pertengahan Februari atau Menkes menyebut 65 hari dari tanggal 16 Januari itu artinya ada penyegeraan secara bersama-sama penyederhanaan Jadi ya harus cepet-cepetan bagaimana 70% umum harus cepet-cepetan bagaimana 60% lansia dan harus cepet-cepetan untuk anak-anak

Bahwa kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Covid - 19 Dan Penanganan Kedatangan Pekerja Migran Indonesia ( PMI.) 'Jawa Timur agar tetap waspada dan menekan penyebaran covid - 19 karena jenis omicron yang sudah mulai masuk ke wilayah Jawa Timur. 





Pendiri Penangung Jawab Redaksi 
Arifin S. Zakaria 

No comments:

Post a Comment

Memperingati Harkitnas, Gubernur Jatim Pimpin Ziarah Ke Makam DR. Soetomo, Khofifah ingatkan 3 Pedoman Kepada Warga Jatim

Surabaya, gresiknews1.com -  Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa...