Sekjen Larm-Gak Dan Hippma, Mendukung Penuh Langkah Pemkot Surabaya Untuk Menindak Tegas RHU Nakal

Surabaya, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap 

Satpol PP Surabaya mengeluarkan surat edaran terbaru bernomor 300/262/436.7.18/2022 tertanggal 24 Januari 2022, terkait antisipasi penyebaran Covid-19. Edaran ini ditujukan kepada seluruh pengelola atau penanggungjawab tempat usaha terutama rumah hiburan umum (RHU).

Kasatpol PP Surabaya Eddy Christijanto mengatakan, tempat usaha yang dimaksud ialah pedagang kaki lima (PKL), restoran, kafe, mal, minimarket, rumah hiburan umum (RHU) termasuk perkantoran.

“Jadi saya mengingatkan sekaligus menegaskan, tempat usaha yang buka jam 10.00 pagi jam 10.00 malam wajib tutup. Yang buka jam 18.00 WIB, jam 00.00 WIB harus tutup. Tidak boleh lebih dari itu,” tegasnya kepada kepada awak media ini , Selasa (25/1/2022).


Eddy menambahkan, apabila ada pelaku usaha yang masih nekat melakukan pelanggaran, khususnya pengelola RHU, Satgas Covid-19 Surabaya akan melakukan tindakan tegas, sesuai ketentuan Perwali 67.

“Kami sudah membuat surat edaran itu, jangan salahkan TNI-Polri dan Satgas Covid-19 melakukan tindakan tegas kepada yang melanggar. Penindakannya sesuai Perwali 67, kalau melebihi jam operasional ya kami tutup, kami BAP. Nantinya jika memang ‘sejarahnya’ mokong ya kami rekomendasi untuk tutup 4 bulan atau permanen,” tegasnya lagi.

Menurut Eddy, edaran tersebut sebagai implementasi Inmendagri nomor 4, Perwali 67 dan surat edaran Walikota Surabaya, yang setiap minggunya berubah.

Selain itu, sebagai pengingat kepada seluruh pelaku usaha, bahwa masih ada aturan selama pandemi Covid-19 ini. Sebab, pihaknya di lapangan masih menemui pengelola RHU yang abai penerapan Prokes.

“Seperti di minimarket dan mall. Mereka punya QR code, tapi ketika pengunjung masuk tanpa scan diperbolehkan. Kadang juga gak ada petugas yang jaga QR untuk mengingatkan pengunjung. Lah itu wajib ditegakkan lagi sama pengusaha, supaya kami dapat mendeteksi perkembangan omicron,” pesannya.


Menanggapi hal tersebut, Sekjen Larm-Gak yang sekaligus sebagai Sekjen Hippma, Baihaki Akbar bersama Pendiri penanggung jawab redaksi infojatim.com , gresiknews1.com Arifin S,Zakaria  mendukung penuh langkah Pemerintah Kota Surabaya.

“Dalam mendukung langkah Pemerintah Kota Surabaya dalam membangkitkan ekonomi tanpa mengesampingkan kesehatan masyarakat di masa pandemi ini,” ungkapnya.

Sekjen Larm-Gak dan Hippma mengaku, pihaknya akan membantu Pemerintah Kota Surabaya untuk memantau tempat hiburan malam RHU yang sengaja menabrak SE tersebut dan melanggar jam operasional yang sudah di tetapkan dan RHU diwajibkan tutup pada pukul 00.00 WIB. Selain itu kami juga akan sering berkoordinasi dengan Satgas Covid 19 Kota Surabaya apabila ada  tempat hiburan malam RHU yang nekat melanggar, dan kami tidak akan segan-segan untuk melaporkan ke pihak yang berwajib, ujar Baihaki Akbar Sekjen Larm-Gak dan Hippma ,hingga berita ini di unggah ,Rabo (26/1/2022 )




Pendiri Penanggung Jawab Redaksi
Arifin S,Zakaria

No comments:

Post a Comment

Diduga Sopir Menggantuk Dan Kurang Waspada, Rombongan Bus Wisata Alami Kecelakaan Di Tol Sumo

Mojokerto,  gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Bus Pariwista PO Ardiansyah nopol S 7...