MENDENGARKAN ARAHAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA DALAM RANGKA PEMBAHASAN PENANGANAN COVID - 19' SECARA VIRTUAL

Surabaya, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 

Dalam rangka percepatan pelaksanaan vaksinasi covid - 19 telah dilaksanakan kegiatan mendengarkan arahan Presiden Republik Indonesia secara virtual  di hadiri Forkopimda Jatim dan kepala daerah se indonesia ,  yang bertempat di Gedung Negara Grahadi Jl. Gubernur Suryo No.07 Surabaya pada hari Senin (7/2/2022) pukul 

Nampak hadir dalam agenda tersebut Dra. Khofifah Indar Parawangsa, M.Si (Gubernur Jatim) , 
Mayjen. TNI Nurcahyanto M.Sc (Pangdam V/Brawijaya), Irjen. Pol. Nico Afinta, SH. SIK. MH. (Kapolda Jatim), dr. Erwin Astha Triyono (Kepala Dinas Kesehatan Prov Jatim) , Sdr. Budi Santosa (Kalaksa BPBD Jatim) , Dirut RSUD dokter Sutomo dan pihak yang terkait. 


Dalam agenda selanjutnya  Joko Widodo ( Presiden RI)  menyampaikan  pada tahun  2022, Indonesia dihadapkan dengan Varian Covid 19 Omicron,untuk  Kematian rendah kasus Omicron dibanding varian delta yg sempat melanda. 

Sebagaimana kita perhatikan grafik dari beberapa negara di dunia seperti Amerika Serikat Inggris dan Perancis naik tinggi namun untuk hospitalisasi nya masih dibawah varian Delta, " Ungkap Presiden RI, " 

Belajar dari negara lain Indonesia juga dalam menangani varian omicron dengan manajemen yang lebih baik trend kasus varian Omicron di Indonesia sebanyak 90% kasus berada di Jawa dan Bali namun untuk tingkat rawat dan penggunaan IC masih sangat rendah ditekankan kembali untuk tidak panik dan tetap waspada terhadap varian omicron ini.

Sementara itu untuk provinsi pulau Jawa kasus akan terus naik tapi hospitalisasi dan kematian masih lebih kecil daripada Delta yang perlu mendapatkan perhatian khusus yaitu di Bali, dimana kasusnya nya mendekati varian Delta diperkirakan bahwa seperti saat varian Delta dahulu ada masa sekitar 3 sampai dengan 4 Minggu baru menular ke luar Jawa maka antisipasi seluruh provinsi yang berada di luar Jawa di siapkan segalanya, " Harapnya, " 

Untuk karakter pasien yang dirawat di rumah sakit 93% tanpa komorbid dan 66% gejala ringan dan tanpa gejala, sedangkan di rumah sakit hanya diprioritaskan untuk yang bergejala sedang dan berat sedangkan 7% dengan komorbid. 

Dalam hal ini untuk karakter pasien yang meninggal 60% belum melaksanakan vaksin secara lengkap capaian vaksinasi 20 kabupaten kota kasus tertinggi di Jawa Bali Jatim yaitu kota Surabaya Kabupaten Sidoarjo dan kota Malang, agar seluruh stakeholder bekerja sama untuk segera mempercepat vaksinasi untuk lansia dosis lengkap karena masih sangat rentan yaitu Jatim Kabupaten Sidoarjo dan kota Malang. 

Menyikapi hal tersebut agar mengecek kembali rumah sakit yang ada terkait obat Oksigen yang tersedia informasikan kepada Menkes terkait Apa itu kan Berikan penjelasan kepada masyarakat terkait virus omicron jangan panik agar masyarakat Tetap tenang. 


Bupati Walikota Gubernur  dan kabupaten masih dibawah 70 persen saya minta Panglima TNI, Kapolri, BKKBN bersama seluruh jajarannya Pangdam, Kapolda Kapolres dan Danrem  langkah ini dan agar dipercepat vaksinasinya utamanya untuk yang lansia. 

Dengan yang disampaikan oleh Presiden RI untuk penekanan yang paling inti  adalah percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di seluruh Tanah Air .
Dan Protokol Kesehatan harus ditingkatkan. " Ucapnya ," 

Selanjutnya Paparan dari  kepala daerah terkait kasus Covid 19 varian Omicron di daerah masing-masing. 

Diharapkan bahwa masing-masing kepala daerah diperintahkan agar mengecek kembali rumah sakit terkait ketersediaan kebutuhan KE sehat, obat-obatan dan tempat Isoter dan segera informasikan kepada Menkes .
(TH ) .




Pendiri Penanggung Jawab Redaksi
Arifin S,Zakaria

No comments:

Post a Comment

Tingkatkan Kapasitas Kepala Desa, Bu Min Wabup Gresik Tekankan Kepala Desa Jangan Anti Kritik

 Gresik, infojatim.com -  Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Wakil bupati gresik Aminatun Habibah saat membe...