BPSDM Kominfo Beri Beasiswa Kuliah S2 dan S3 Dalam dan Luar Negeri

Surabaya, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap 


STIKOSA-AWS*_. Guna meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang pendidikan, khususnya di bidang komunikasi dan teknologi informatika, Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Kominfo RI, memberikan program beasiswa pendidikan _Magister& (S2) dan _Doktoral_ (S3), kepada setiap warga negara Indonesia dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Program tersebut, merupakan program _top leader digital scholarship_ dari 3 jenis program _Digital Talen Scholarship_ (DTS). 

Ini disampaikan Dra. Haryati, M.I.Kom., Sekretaris Bidang Litbang (Penelitian dan Pengembangan) BPSDM Kementerian Kominfo RI, dalam sebuah acara _AWS Cast_ di _Studio Podcast Laboratorium_ kampus STIKOSA – AWS (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi – Almamater Wartawan Surabaya), dengan tema 5W1H Beasiswa Kominfo dan topik pembahasan _“Sukses Meraih Beasiawa Dalam dan Luar Negeri Kominfo 2022”_, Selasa (15/3/2022). 


Dijelaskan Haryati, Sekretaris Litbang BPSDM Kominfo, Program beasiswa pendidikan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2007, namun saat itu program tersebut dikhususkan untuk SDM pegawai Kementerian Kominfo dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Mulai tahun 2018 hingga 2022 ini program beasiswa pendidikan S2 dan S3 juga trrbuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI).

“Awalnya program beasiwa ini untuk para pengelola TIK (Teknologi Informatika dan Komputer-red) di lingkungan internal Kementerian Kominfo, di Kementerian pusat maupun daerah. Tahun 2011, Kprogram beasiswa dari Kementerian kami tidak hanya kuliah S2 dan S3 di bidang TIK, kami menambah program pendidikan Ilmu Komunikasi,” terang Haryati. 



“Sejak tahun 2018 yang saat itu Menteri Kominfo pak Rudi (Drs. Rudiantara,MBA.-red), berfikir yang membutuhkan program beasiswa ini bukan hanya ASN dan internal Kementerian Kominfo, tetapi masyarakat umum juga membutuhkannya. Sampai sekarang (diteruskan Menteri Kominfo RI, Johnny Gerard Plate-red) program beasiswa pendidikan S2 terbuka untuk umum dan khusus pendidikan S3 masih diperuntukkan ASN,” lebih jauh Haryati menerangkan dihadapan Dr. Jokhanan Kristiyono, M.Med.Kom, sebagai _Host AWS Cast_, yang juga Wakil Ketua I STIKOSA - AWS. 


STIKOSA – AWS, sebagai mitra BPSDMP Kementerian Kominfo RI, bekerjasama dalam melaksanakan program _Digital Talent Scholarahip_, guna terwujudnya talen – talen digital masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan industri era digital. Hal ini disampaikan Dr. Meithiana Indrasari, ST., M.M.

Terkait dengan perguruan tinggi mana saja BPSDM Kementerian Kominfo RI bekerjasama dalam merealisasi program beasiswa tersebut?. Haryati menambahkan, untuk perguruan tinggi dalam negeri, beasiswa Kementerian Kominfo bekerjasama pada Program Studi (Prodi) TIK dan Ilmu Komunikasi dengan perguruan tinggi negeri, diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair) dan Universitas Sumatera Utara (USU). Sedangkan untuk perguruan tinggi luar negeri terkemuka, diantaranya Oxford University. 



Sumber Berita ; Partner Mitra 
Pendiri Penangung Jawab Redaksi 
Arifin S.Zakaria

No comments:

Post a Comment

Memperingati Harkitnas, Gubernur Jatim Pimpin Ziarah Ke Makam DR. Soetomo, Khofifah ingatkan 3 Pedoman Kepada Warga Jatim

Surabaya, gresiknews1.com -  Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa...