Wakil Bupati Gresik Hadiri Summit_ Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022 Di Semarang.

Semarang, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. 

Mengawali awal pekan sebelum memasuki bulan Ramadhan, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah melakukan kunjungan ke Kota Semarang. 

Kota Semarang menjadi tuan rumah dalam ajang Summit Kabupaten/Kota Sehat Indonesia 2022. Kegiatan yang dihelat dari tanggal 27-30 Maret 2022 ini dihadiri oleh perwakilan Kementerian/Lembaga, 34 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota, baik dari Pemerintahan maupun Forum Provinsi/Kabupaten/Kota Sehat se-Indonesia.


Kabupaten/Kota Sehat ( _Healthy Cities_ ) pertama kali diperkenalkan oleh _World Health Organization_ (WHO) pada pertengahan tahun1980-an. Konsep Healthy Cities dianggap sebagai pendekatan komprehensif yang bertujuan untuk menjadikan lingkungan perkotaan menjadi lebih sehat. 

Komprehensif dapat diartikan bahwa konsep _Healthy Cities_ bertujuan untuk mampu menanggulangi permasalahan kompleks yang ditimbulkan karena urbanisasi, antara lain: kepadatan penduduk dan kesemrawutan; permasalahan sanitasi dan ketersediaan air bersih; permasalahan transportasi dan mobilisasi; permasalahan polusi karena industrialisasi dan transportasi, produksi energi dan limbah domestik; pengangguran dan kriminalitas, dan lain-lain. Hingga saat ini, konsep _Healthy Cities_ telah dilaksanakan oleh banyak negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Kegiatan _Summit_ Kabupaten/Kota Sehat Indonesia yang diadakan di Kota Semarang ini sejatinya bukan yang pertama dilaksanakan, tercatat kegiatan ini telah dilaksanakan beberapa kali, yaitu: (1).Tahun 2012 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan; (2).Tahun 2014 di Kota Denpasar, Bali; (3).Tahun 2016 di Kota Padang, Sumatera Barat; dan (4).Tahun 2018 di Kota Tangerang, Banten.


Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin ini memiliki tujuan besar yakni mengembangkan ide/gagasan/inovasi dalam pelaksanaan Kabupaten/Kota Sehat di Indonesia sebagai salah satu cara dalam percepatan pembangunan dan upaya meningkatkan pencapaian indikator-indikator pembangunan di daerah.

Kegiatan ini juga menghadirkan banyak tokoh nasional dari kementrian/pemerintahan, akademisi serta dari forum provinsi/kota sehat untuk bertindak sebagai _keynote_ yang menyampaikan berbagai materi dalam usaha-usaha pengembangan kesehatan Kabupaten/Kota dalam mewujudkan _Healthy Cities_. 


Kabupaten Gresik yang hingga saat ini telah meraih berbagai penghargaan diantaranya seperti Anugerah Parahita Eka Praya, Swasti Saba Wistara kabupaten/kota sehat, Kota Layak Anak Tingkat Madya, tetapi tentunya tidak berhenti disitu karena tahun ini Pemerintah Kabupaten Gresik menargetkan untuk terus meningkatkan penghargaan yang telah dicapai sebelumnya. 



Sumber Berita ; Humas Pmd Gsk 
Pendiri Penangung Jawab Redaksi 
Arifin S.Zakaria

No comments:

Post a Comment

Memperingati Harkitnas, Gubernur Jatim Pimpin Ziarah Ke Makam DR. Soetomo, Khofifah ingatkan 3 Pedoman Kepada Warga Jatim

Surabaya, gresiknews1.com -  Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa...