Kapolri Kawal Aksi Demo Damai Mahasiswa Ditengah Kesucian Bulan Suci Ramadhan.

Jakarta, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk mengawal dan mengamankan aksi demo mahasiswa 11 April 2022, dengan mengedepankan pendekatan humanis.Hal itu diinstruksikan Kapolri saat menggelar video conference bersama seluruh jajaran baik dari tingkat Mabes Polri Polda dan Polres jajaran.





"Polri memberikan dan menjamin setiap warga negara untuk  menyampaikan aspirasinya atau memberikan ruang demokrasi. Oleh karena itu, pendekatan humanis harus terus dilaksanakan dalam mengawal aksi demonstrasi," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Minggu (10/4/2022).


Sigit memastikan, Polri memiliki komitmen dalam rangka menjunjung tinggi HAM dan nilai-nilai demokrasi di Indonesia. Dalam hal ini, kata Sigit, Korps Bhayangkara berpegang teguh pada dalam UUD 1945 maupun Undang-Undang (UU) soal kebebasan berpendapat dan berekspresi yang merupakan bagian dari hak asasi manusia sehingga diberikan perlindungan secara universal.



Sumber Foto :  https://www.facebook.com/DivHumasPolri



Disisi lain, Sigit juga menegaskan, aparat kepolisian tetap akan menjalankan tugasnya dalam memberikan jaminan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Sebab itu, Sigit berharap, demo mahasiswa11 April ini   juga diharapkan mampu menghormati dan menjaga kesucian serta kekhusyukan umat Islam yang sedang menjalani Ibadah Puasa Ramadhan 2022.

"Sebab itu, humanis harus terus dilaksanakan. Apalagi, karena saat ini bulan Ramadhan, kesucian dan kekhusyuan bagi umat muslim yang sedang menjalani puasa tetap harus kita perhatikan," ujar Sigit.


Demi semakin menciptakan situasi kamtibmas yang tetap kondusif, aman dan damai dalam demonstrasi di bulan Ramadhan, Sigit mengimbau, baik ke kepolisian maupun peserta aksi untuk sama-sama mengantisipasi adanya penumpang gelap atau oknum yang berusaha menunggangi demonstrasi tersebut.


Juga Pemerintah melalui menteri koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan ( Menko Polhukam) , Mahfud MD , memberikan rambu - rambu kepada seluruh mahasiswa yang hari ini akan mengikuti unjuk rasa. 


Mahfud mengatakan pemerintah sangat terbuka atas semua aspirasi masyarakat dalam hal ini merupakan dari demokrasi, " Kata Mahfud, ". 

Kendati demikian,  Mahfud menghimbau agar aspirasi tersebut dapat disampaikan dengan cara yang baik tanpa melakukan tindakan anarkir. " Ungkapnya, " 





Sambil menunggu perkembangan hari ini Senin ( 11/4/2022)  aksi unjuk rasa damai dari mahasiswa,  dalam aksinya mereka meminta untuk batalkan wacana perpanjangan masa jabatan presiden untuk ke 3 kalinya serta dibatalkannya wacana penundaan pemilu. 

Hingga berita ini diunggah, Senin ( 11/4/2022 )






Sumber Berita: Humas Mabes Polri 

Pendiri Penangung Jawab Redaksi gresiknews1.com /infojatim.com  : Arifin S.Zakaria

No comments:

Post a Comment

Diduga Sopir Menggantuk Dan Kurang Waspada, Rombongan Bus Wisata Alami Kecelakaan Di Tol Sumo

Mojokerto,  gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Bus Pariwista PO Ardiansyah nopol S 7...