Wabup Gresik Resmikan Unit Usaha BUMDES Bungah Dan Stand PKL Untuk Tumbuhkan Peningkatan Perekonomian Desa

Gresik, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Wakil Bupati Gresik, Dra. Aminatun Habibah, M.Pd meresmikan Unit Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bungah berkarya sekaligus resmikan stand pedagang kaki lima (PKL) pasar desa Bungah, Senin (25/04/2022). 




Acara peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wabup Ning Min tersebut juga dihadiri oleh anggota DPRD Gresik, Noto Utomo, Muspika Kecamatan Bungah, Kepala Desa Bungah, H. Subakir, Ketua MWC NU Bungah, KH. Ali Murtadho, Ketua BUMDES Bungah Berkarya, H. Fauzi, serta BPD, LPMD, Karang Taruna, dan Perangkat Desa Bungah.




Sebelumnya acara dimulai Wabup Ning Min didampingi Anggota DPRD Gresik, Noto Utomo dan Kepala Desa Bungah, Subakir memberikan santunan kepada puluhan anak yatim dan Doa bersama yang dipimpin oleh KH. Ali Murtadho.




"Dengan diresmikannya BUMDES Bungah berkarya dan Stand PKL pasar Desa Bungah diharapkan mampu memicu tumbuhnya perekonomian, peningkatan pembangunan desa dan pembinaan serta pelayanan kepada masyarakat” ungkap Wabup Ning Min dalam sambutannya.


Wabup Ning Min berharap kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Bungah agar dengan adanya BUMDES dan Stan PKL yang baru ini untuk dapat dikelola dengan baik dan benar serta dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.


"Jangan sampai tidak Akuntabilitas dan tidak Transparan dalam pengelolaan pasar tidak boleh disewa bertahun tahun seperti sebelumnya, Jiika sudah tidak ditempati harus dikembalikan lagi ke pemerintah desa." tegas Wabup Ning Min.


Selain itu Wabup menginginkan pemerintah desa (Pemdes) Bungah dapat menyediakan layanan WiFi di Fasilitas Umum agar regenerasi di Bungah Melek Sosmed ditengah perkembangan era digital saat ini serta mampu membuat wahana wisata lain dari pada desa yang lain dengan memanfaatkan sungai Bengawan solo yang ada di Desa Bungah." tuturnya.


"Jika kita serius dalam membangun BUMDES, libatkan masyarakat dalam setiap program, maka BUMDes maju bukan sebuah impian semata, namun bisa kita wujudkan bersama." tutup Wabup Ning Min.


Sementara itu, Kepala Desa Bungah, Subakir menjelaskan, Keberadaan kantor BUMDES baru ini adalah untuk memudahkan bentuk pelayanan untuk warga Desa Bungah apabila nanti ingin membayar PBB atau SPPT bisa dilakukan di kantor BUMDES.


Selain itu Pemerintah Desa (Pemdes) Bungah juga sudah berencana akan membuat wisata taman lapangan Bungah, rehab pagar balai desa, pembangunan kios/Stan PKL sisi barat lapangan, pavingisasi Jalan Poros Desa (JPD) dari Kaliwod hingga Karang Poh serta pemasangan Drainase untuk mengurangi banjir di Dusun Nongko Kerep." terangnya.




Tidak hanya itu, Unit usaha BUMDES Bungah berkarya tidak hanya melayani stand PKL saja namun juga melayani simpan pinjam, kredit barang, retribusi sampah, pengelolaan pertokoan dan pasar legi, penyedia Wifi rakyat dan menyediakan unit jasa, "Kami Pemerintah Desa Bungah bersama BUMDES Bungah berkarya akan semaksimal mungkin memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat." pungkasnya.


Dengan diresmikannya Unit usaha BUMDES dan stand PKL diharapkan untuk dapat meningkatkan perekonomian , dan pembangunan desa , " Ujar Pimpred redaksi infojatim com / gresiknews1.com ".

Sumber Berita : Humas Pemda Gresik 

Pendiri Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com / gresiknews1.com : Arifin S Zakaria

No comments:

Post a Comment

Memperingati Harkitnas, Gubernur Jatim Pimpin Ziarah Ke Makam DR. Soetomo, Khofifah ingatkan 3 Pedoman Kepada Warga Jatim

Surabaya, gresiknews1.com -  Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa...