Wakil Bupati Gresik Launching CSR Peduli Pasien TBC Smelting dan Human Initiative

Gresik, gresiknews1.com - Motto Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap.

Wakil Bupati Gresik,  Aminatun Habibah dengan panggilan akrabnya  Neng Min melaunching program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Smelting Peduli Pasien Tuberculosis (TB) di Kantor Kecamatan Bungah, Kamis (21/4/2022). Ini merupakan kegiatan rutin yang digelar PT. Smelting bersama Human Initiative.




Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari program sebelumnya. Pada pelaksanaan program ketiga kali ini, PT SMELTING menganggarkan bantuan berupa pemberian makanan tambahan gizi sehat, bedah rumah berupa renovasi ventilasi, bantuan ekonomi dan Bantuan pendidikan.




Wakil Bupati Gresik,  Aminatun Habibah menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Smelting dalam mendukung eliminasi pasien TB di Kabupaten Gresik. Untuk itu, pihaknya mendorong kepada semua pihak bersatu mewujudkan eliminasi TB nol persen pada 2028 di Kabupaten Gresik serta secara nasional pada 2030,"ungkapnya.

Langkah Pemkab Gresik dalam mewujudkan itu di antaranya mengontrol pasien TB untuk pengobatan secara teratur melalui pantau langsung dan menyampaikan  melalui aplikasi. Inovasi ini cukup berhasil dalam menurunkan pasien TB. Ditambah dengan kolaborasi dukungan PT. Smelting dan Human Initiative (HI) maka TB bisa terbantu dan masyarakat menjadi teredukasi,” pesan Wabup Ning Min.




Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, dr. Mukhibatul Khusnah dalam keteranganya menjelaskan, hingga kini ada 1.876 orang pasien TB di Gresik,dari jumlah itu 90% sudah dapat pengobatan dan sembuh melalui pendekatan pengobatan dan edukasi.Disebutkan, untuk Triwulan I/2022  pihaknya mentargetkan temuan 3.000 pasien TB. Namun hingga kini baru ditemukan 450," terangnya.

“Harapannya pasien TB bisa benar benar bebas TB di 2030. Dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik mendukung penuh kegiatan Smelting Peduli dan Human Initiative,”ujar dr Husna, Kadinkes Gresik.


Sementara itu, Section Manager General Affair PT Smelting, Indra SW Junior mengatakan, pihaknya mendukung penuh langkah Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik dalam mengeliminasi pasien TB.  Sejak awal PT Smelting bersama Human Initiative melakukan bantuan untuk eliminasi pasien TB. 

Di awal tahun 2019, pihaknya melakukan bantuan terhadap 30 pasien. Kemudian di tahun kedua 100 pasien TB mendapaf  pengobatan, sanitasi dan pelatihan kader TB.

Dan tahun 2022 ini kami menargetkan pengobatan bagi 150 pasien dapat suport Smelting di wilayah sasaran Puskesmas Kecamatan Bungah dan Puskesmas Kecamatan Duduk Sampeyan. Bismillah kami mendukung penuh untuk terwujudnya Eliminasi TB di tahun 2030,” kata Indra SW Junior.




Pada kesempatan yang sama, Direktur Human Initiative, Munthori menjelaskan, kegiatan Peduli TB ini diharpakan bisa mempecepat eliminasi pasien TB. Di Kabupaten Gresik sudah menerbitkan Peraturan Bupati untuk eliminasi dipercepat menjadi 2028." ungkapnya.


Proses eliminasi TB ini didukung PT. Smelting yang di inisiasi sejak 2019. Tahun ini 2022 merupakan tahun ketiga Human Initiative (HI) dan PT. Smelting  menginisiasi TB. Targetnya yakni 150 pasien. Di antaranya diberi makanan tambahan bergiiz untuk tingkatkan imunitas tinggi.


Dengan gizi dan nutrisi bisa percepat eliminasi pasien TB. Kedua dengan pelatihan-pelatihan kader dan keluarga pasien. Ketiga renovasi rumah pasien menjadi rumah layak sehat,” katanya.


Setelah sembuh HI tetap mensupport dengan memberikan modal usaha untuk membuka usaha agar bisa mandiri. HI sejak 2019 bermitra dengan berbagai pihak terutama dinas kesehatan dan 8 puskesmas wilayah program peduli TB." pungkasnya.




Hadir pada kegiatan tersebut, Section Manager General Affair PT. Smelting, Indra Junior, Kepala Cabang Human Initiative Jatim, Muthori, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik, Mukhibatul Khusnah, Camat Bungah, Munir, Kepala Puskesmas Bungah, Mustahidah, Kepala Puskesmas Duduk Sampeyan, Samiadi.


Sementara itu.dari Arifin S.Zakaria pimpred redaksi infojatim.com, gresiknews1.com juga sangat mendukung atas kegiatan yang diadakan oleh PT. Smelting Peduli Pasien Tuberculosis ( TB)  agar pasien TB dapat terkontrol secara teratur, " Pungkasnya, " 




Sumber Berita : Humas Pemda Gresik 

Pendiri  Penanggung Jawab Redaksi infojatim.com / gresiknews1.com : Arifin S.Zakaria

No comments:

Post a Comment

Memperingati Harkitnas, Gubernur Jatim Pimpin Ziarah Ke Makam DR. Soetomo, Khofifah ingatkan 3 Pedoman Kepada Warga Jatim

Surabaya, gresiknews1.com -  Berani Transparan Mengungkap Membantu Yang Belum Terungkap. Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa...